Fenomena Buku

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik), yang mengandalkan komputer dan Internet (jika aksesnya online).

Tetapi disamping itu, buku memiliki fenomena tersendiri. Hal ini akan saya bahas pada kutipan kali ini.


BUKU PALING KECIL
Buku paling kecil yang dijuluki dengan materi cursive dan dicetak dengan huruf cetak logam yang bergerak (sebagai proses mikro-fotografi) berukuran 3,5 x 3,5 mm, yang dicetak untuk museum Gutenberg, Mainz, Jerman Barat. Isinya doa Bapa Kami dalam tujuh bahasa.

BUKU PALING BESAR
Buku yang paling besar di Dunia adalah Super Book yang berukuran 2,74 x 3,07 meter dan memiliki berat 252,6 kg. Berisi 300 halaman. Buku ini diterbitkan di Denver, Colorado, Amerika Serikat, pada tahum 1979.

BUKU PALING TUA
Teks tertulis paling tua yang diketahui adalah ungkapan piltografis (dengan gambar) pidato Sumeria (lihat bahasa paling awal). Papyri Samaria, ditulis dalam bahasa Aramaic, ditemukan sejauh 13,7 km di sebelah utara Jeriko, berasal dari tahun 375 – 335 Sebelum Masehi.
Sekian info dari saya. Maaf belum sempat menyisipkan gambarnya

Related Posts:

0 Response to "Fenomena Buku"

Posting Komentar

Jika anda merasa artikel blog saya kurang dimengerti, anda dapat melayangkan pertanyaan atau mungkin saran di kolom komentar yang telah disediakan.

Komentar anda sangat saya hargai.

Aturan :
- Dilarang Menggunakan Bahasa Kasar.
- Gunakan Bahasa dan Ejaan yang MUDAH DIPAHAMI.
- Kolom Komentar bukanlah arena CACI MAKI.
- No SPAM.
- Komentar dengan link aktif diperbolehkan.