Cara Menanggulangi Permasalahan Sampah di Indonesia

pembuangan sampah yang tak teratur

Hi Guys !! Pada postingan kali ini, saya akan membuka wawasan saya untuk mungkin member cetusan ide. Ide yang akan saya cetuskan adalah mengenai permasalahan sampah.
Perlu diketahui, sampah adalah permasalahan yang besar di Indonesia. Hal itu dikarenakan oleh MASYARAKAT yang kurang disiplin. Membuang sampah di sembarang tempat. Mungkin itu masalah sepele, tetapi, jumlah masyarakat yang peduli lingkungan tidak sebanyak yang acuh. Maksudnya? Lebih banyak orang yang membuang sampah sembarangan dibanding orang yang mencari tempat pembuangan yang seharusnya. Dan parahnya, semua tempat seperti sungai, taman, jalanan, trotoar, selokan, dll. menjadi media pembuangan sampah. Kalo udah banjir, pemerintah disalahin, si ini disalahin, si itu juga disalahin. Padahal, yang menyalahkannya itu sendiri berperan aktif dalam usaha menghambat aliran sungai. Sungguh Terlalu !!
PENANGGULANGAN
                Untuk menanggulanginya, saya kira tidak hanya Pemerintah yang harus berperan aktif. Melainkan, masyarakat pun harus ikut terjun. Bagaimana caranya? Mudah kok ! Perbaiki aja dulu etika membuang sampah yang benar. Biasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Memang mudah kalo berbicara, tetapi, melakukannya itu yang sulit. Tapi, segala sesuatu itu harus didasari dengan niat.
Lalu Bagaimana dengan sampah-sampah yang telah menumpuk? Apa yang harus diupayakan? Ya mungkin ide-ide berikut bisa diupayakan, seperti :
·         Memanfaatkannya sebagai kerajinan
·         Mendaur ulang
·         Memanfaatkannya menjadi bahan dasar bangunan
·         Dan MEMUSNAHKANNYA
Bagaimana cara memusnahkannya?
                Pernah tercetus ide dari teman-teman saya yang bernama Rahmanda Indraswara dan Yusuf Adhi Maulana untuk memusnahkan sampah. Mereka melihat Indonesia yang memiliki banyak sekali Gunung Berapi yang masih aktif. Mereka pun berpikir, mengapa sampah-sampah tidak dimusnahkan saja dengan cara dimasukkan ke Gunung Berapi. Karena, seperti kita ketahui, suhu Gunung Berapi sangatlah panas, sehingga material-material apa pun dapat dengan mudah lenyap. Kami sih tidak meneliti jauh apa yang akan terjadi pada kandungan magma jika hal tersebut dilakukan. Yang jelas ini hanya Opini kami mengenai cara memusnahkannya.
Saya telah menyiapkan video animasi tentang cara kerjanya. Maaf jika terlalu sederhana !!
Postingan ini hanya berupa Opini yang kami buat yang mungkin bisa membantu. Jika tidak, janganlah dihiraukan !!
Terima kasih telah bersedia membaca postingan ini. Semoga Ibu Pertiwi bisa membebaskan diri dari sampah-sampah yang telah lama menjadi parasit di tubuhnya.
Sekian.


Related Posts:

7 Responses to "Cara Menanggulangi Permasalahan Sampah di Indonesia"

  1. sy pun punya pendapat yg sama,sampah yg sdh tdk mungkin dpt.diapa apakan dan bahkan sgt mengganggu lingkungan oleh kotornya,berbau dan sgt menjijikkan sekali untuk apa kalo tdk dimusnahkan,sy sdh menjalankan bertahun tahun dan bahkan banyak sy membantu yg memerlukan pembuatannya diberbagei tempat hampir se Indonesia.Semua tahu bahwa sampek saat ini sampah yg blm bisa diatasi adalah samah yg sama skali tdk dpt dimanfaatkan maka dari itu sy secara pribadi dan mandiri membuat alat sederhana untuk memusnahkan sampah2 yg demikian,dan hasilnyapun sy kira tepat,dimana sampah2 yg sama skali tdk dpt dimanfaatkan menjadi abu krn dibakar tanpa bahan bakar apapun yg pd akhirnya abu dpt dimanfaatkan contoh bisa buka teknologitpa.blogspot.com trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk berbagi opini di blog saya ini. Saya setuju dengan pendapat anda. Tetapi, saya rasa langkah tersebut baru disadari oleh beberapa orang termasuk anda.

      Hapus
    2. slmt mlm bung jaka,ini sy infrmasikan bahwa sdh sgt banyak skali para kelompok warga yg berminat pd apa yg banyak sy informasikan tsb dan memang betul2 sgt bisa dibanggakan bahkan sy sendiri secara pribadi mengatasi sampah 1 pasar yg besar(uk.tk Kecamatan)ditambah sampah warung dan toko sekitar 100 serta sampah warga lima Desa teratasi dgn 2 tungku uk 180 cm persegi dan ini sdh sy jalankan sejak Januari 2006 sampek sekarang,yg pd akhirnya pembuatan tungku sampek saat ini sdh lebih 200 unit tersebar di bbrp wil.mulai Mataram P.Lombok,di Jawa mulai Bondowoso sampek Serang termasuk di Sumatera dan Kalimantan.Tapi semua pengguna tungku ini yg sdh jelas2 dpt diandalkan dpt mengatasi masalah sampah kok semuanya hanya warga saja,pada hal selain itu ada pihak yg lebih penting pd bidangnya mengatasi masalah sampah tdk ........ada keinginan sama skali untuk bisanya mengatasi sampah sesuai maksud dan tujuannya.sereng sy dpt pertanyaan yg macem2 yg intinya mencela,cara kampungan,sampah tdk boleh dibakar dsg.ya mhn maaf sy pun tdk se ngawur itu,sy juga tahu sampah yg tdk boleh dibakar itu sampah apa,pembakaran berstandar pengolahan juga dgn alat yg memadai,dan sy sdh jelaskan yg sy bakar sampah yg sama skali tdk dpt dimanfaatkan dari pd mencemari lingkungan,pembakaran yg sy lakukan kan dgn alat yg tertutup dan aman lingkungan tanpa bhn bakar apaun,hasilnya sampah teratasi,dari sampah yg sama skali tdk dpt dimanfaatkan menjadi bermanfaat(abunya kan untuk penyubur tanah)Demikian bung jaka dan salam persahabatan.

      Hapus
    3. Hebatlah jikalau begitu. Ternyata anda telah berperan lama dalam usaha mengatasi permasalahan sampah di Indonesia ini khususnya di daerah anda. Saya terkesan dengan pengalaman anda tersebut beserta dengan kelompok warga di sekitar anda. Saya berharap, suatu saat nanti, semua penduduk Indonesia bisa seperti itu. Peduli akan lingkungan sekitarnya masing-masing.
      Salam persahabatan!

      Hapus
  2. jika di realisasikan ide anda ini sangat berguna untuk mengangulangi sampah

    BalasHapus
  3. ssy sudah buat mesin pengolah sampah untuk kapasitas satu desa dan hasilny nol sampah dan salah satu alatnya dengan tungku yang dilengkapi dengan reaktor asap atau tungku tanpa asap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. Kedengarannya hebat sekali bung! Patut dijadikan referensi.

      Hapus

Jika anda merasa artikel blog saya kurang dimengerti, anda dapat melayangkan pertanyaan atau mungkin saran di kolom komentar yang telah disediakan.

Komentar anda sangat saya hargai.

Aturan :
- Dilarang Menggunakan Bahasa Kasar.
- Gunakan Bahasa dan Ejaan yang MUDAH DIPAHAMI.
- Kolom Komentar bukanlah arena CACI MAKI.
- No SPAM.
- Komentar dengan link aktif diperbolehkan.