Ginjal Si Penyaring



alat penyaring

Pada kutipan kali ini, saya akan membagi ilmu mengenai Ginjal.

Apa itu Ginjal? Anda perlu tahu bahwa ginjal itu adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Normalnya, setiap manusia memiliki sepasang ginjal, tetapi ada juga orang yang hidup dengan satu ginjal saja. Bentuknya seperti kacang merah, tetapi ukurannya lebih besar. Panjangnya sekitar 12 cm dan lebarnya sekitar 7-8 cm. Letaknya di bagian pinggang sebelah dalam, agak ke belakang.
Salah satu tugas utama ginjal yaitu menyaring “sampah” dari darah. Sebagian sampah tersebut merupakan hasil reaksi kimia pada saat mengurai bahan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Sebagian lagi, merupakan bahan-bahan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh karena sudah cukup tersedia. Sampah-sampah itu harus dibuang. Nah, di sinilah peran ginjal. Selain itu, ginjal juga menghasilkan hormone yang memerintahkan tubuh untuk membuat sel-sel darah merah. Sibuknya ginjal!
Setiap hari, sekitar 400 galon darah dipompa menuju ginjal. Kemudian, sampah di dalam darah dikumpulkan oleh penyaring-penyaring kecil di dalam ginjal. Penyaring-penyaring ini sangat kecil dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop berkekuatan tinggi, seperti mikroskop electron. Ada lebih dari sejuta penyaring di dalam ginjal. Sampah yang terkumpul dan bercampur dengan air akan menghasilkan air seni (urine). Air seni ini kemudian dialirkan melalui saluran kemih dan terkumpul di kantung kemih. Kantung kemih adalah sebuah kantung penyimpanan air seni. Jika kantung ini sudah berisi separuhnya, maka tubuh akan memberi tanda kepada otak dan menyuruh kita untuk buang air. Saat buang air, air seni keluar melalui sebuah saluran dan keluarlah air seni dari tubuh kita.

Nah, sekarang anda sudah tahu betapa pentingnya ginjal bagi tubuh kan? Oelh karena itu, mulailah untuk menjaga ginjal anda. Dimulai dengan menjaga pola makan. Lebih seringlah mencari makanan yang mengandung vitamin yang bermanfaat untuk menjaga jantung.
Semoga Informasi Ini Bermanfaat!

Related Posts:

0 Response to "Ginjal Si Penyaring"

Posting Komentar

Jika anda merasa artikel blog saya kurang dimengerti, anda dapat melayangkan pertanyaan atau mungkin saran di kolom komentar yang telah disediakan.

Komentar anda sangat saya hargai.

Aturan :
- Dilarang Menggunakan Bahasa Kasar.
- Gunakan Bahasa dan Ejaan yang MUDAH DIPAHAMI.
- Kolom Komentar bukanlah arena CACI MAKI.
- No SPAM.
- Komentar dengan link aktif diperbolehkan.