Kereta Maglev “Alternatif Transportasi Masa Mendatang”



Impian manusia untuk bergerak dengan kecepatan tinggi saat ini bisa dicapai tidak hanya menggunakan pesawat terbang, tetapi juga dengan salah satu transportasi darat missal, yaitu kereta. Sejarah perkeretaapian mencatat perkembangan yang pesat akhir-akhir ini. Dengan kemajuan teknologi, perkeretaapian pada masa mendatang akan mengganti mesin yang menggunakan bahan bakar konvensional yang tidak akan menghasilkan polusi udara. Kereta-kereta ini diantaranya masih menggunakan tetapi dengan mesin yang canggih. Dan yang terbaru, menggunakan teknologi “superconducting magnetic levitation” (maglev train) yang melayang di atas rel.

Secara sederhana, kereta maglev adalah kereta tanpa roda yang menggunakan tenaga magnet untuk melayang, menggerakkan, dan mengontrol jalannya kereta. Kereta dengan teknologi itu sangat mungkin menggantikan transportasi massa dengan kecepatan yang tinggi, dan ramah lingkungan. Karena biaya pembangunan system perkeretaapian maglev itu relative mahal, hanya negara-negara kaya di dunia yang sanggup memiliki transportasi kereta tersebut.

Di Asia, Jepang mengejut dunia dengan menjadi Negara yang pertama kali meluncurkan kereta cepatnya yang diberi julukan “Shinkasen” yang memiliki arti “kereta peluru” pada tahun 1964 untuk melayani rute Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka, dan kecepatannya “hanya” berkisar 201 km/jam. Cina pun tak mau kalah dengan membangun kereta maglev yang menggunakan teknologi Jerman, kereta ini mampu mencapai kecepatan hingga 430 km/jam dan sanggup membawa penumpangnya dari bandara internasional Pudong menuju Longyang Road Station di pusat kota hanya dalam waktu 8 menit. Di Eropa, Jerman melesat dengan teknologi tersebut dengan membangun jalur kereta maglev yang menghubungkan kota Berlin dan Hamburg sejauh sekitar 285 km. Bagaimanakah dengan Indonesia?? Kabar baik bahwa Japan Transportation Consultant dengan dana dari Japan Bank for International Corporation (JBIC), telah melakukan kajian awal “pre-eliminary study” kereta api super cepat di Indonesia. Kereta ini diharapkan sudah ada di Indonesia pada tahun 2020. Kita tunggu saja!!

Related Posts:

4 Responses to "Kereta Maglev “Alternatif Transportasi Masa Mendatang”"

  1. kereta ginian di indonesia bisa gawat nih, klo lg musim bola bisa-bisa atapnya penuh suporter bola.......

    BalasHapus
  2. Infonya bermanfaat, thanks udah share sob !!


    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bro. Terima kasih udah berkunjung !!

      Hapus

Jika anda merasa artikel blog saya kurang dimengerti, anda dapat melayangkan pertanyaan atau mungkin saran di kolom komentar yang telah disediakan.

Komentar anda sangat saya hargai.

Aturan :
- Dilarang Menggunakan Bahasa Kasar.
- Gunakan Bahasa dan Ejaan yang MUDAH DIPAHAMI.
- Kolom Komentar bukanlah arena CACI MAKI.
- No SPAM.
- Komentar dengan link aktif diperbolehkan.